Subject-verb
agreement berarti kesesuain verb (kata kerja) dan subjek. Ingat bahwa subject
dan verb dalam sebuah kalimat harus sesuai (agree). Subjek yang tunggal
(singular subject) harus bertemu dengan kata kerja tunggal pula (singular
verb); subjek jamak (plural subject) harus bertemu dengan kata kerja yang jamak
(plural verb).
1. Basic
Subject-verb Agreement
a) The elevator works very
well.
(elevator
itu berfungsi dengan sangat baik.)
(elevator-elevator
itu berfungsi dengan sangat baik.)
c) My friend lives in
Makassar.
(temanku
tinggal di Makassar.)
d) My friends live in
Makassar.
(teman-temanku
tinggal di Makassar.)
Penjelasan:
· Verb
+ -s/-es: untuk orang ke tiga tunggal dalam present tense
Work-works,
live-lives
· Noun
+ -s/-es: jamak (plural)
Elevator-elevators,
friend-friends
e) My brother and sister live in
Lasusua, Southeast Sulawesi.
(saudara
laki-laki dan perempuanku tinggal di Lasusua, Sulawesi Tenggara.)
Penjelasan:
Dua atau lebih
subjek yang dihubungkan oleh “and” berarti berbentuk plural. Kecuali untuk
subjek “every” dan “each.” Akan dijelaskan
selanjutnya di bawah.
f) Every man,
woman, and child needs love.
(tiap orang
baik itu laki-laki, perempuan, maupun anak-anak membutuhkan rasa kasih saying.)
g) Each book
and magazine is listed in the card catalog.
(tiap buku
dan majalah terdaftar di catalog.)
Penjelasan:
· Pengecuailan:
Kata “every” dan “each” selalu berbentuk
tunggal. Walaupun kata benda yang dihubungkan ada dua atau lebih, kata keja (verb)
yang mengikutinya berbentuk tunggal (singular).
h) That book in
the library of UIN Alauddin is interesting.
(buku yang
di perpustkaan UIN Alauddin itu menarik.)
i) The books in
the library of UIN Alauddin are very interesting.
(buku-buku
yang di perpustkaan UIN Alauddin itu menarik.)
j) My cat,
as well as my dogs, likes cat food.
(kucing dan
anjingku suka makanan kucing.)
k) My cats,
as well as my dogs, like cat food.
(kucing dan
anjing-anjingku suka makanan kucing.)
l) The book that
I got from my friend, Muh. Rifqy, was very interesting.
(buku dari
temanku, Muh. Rifqy, itu sangat menarik.)
m) The books that
I got from my friend, Muh. Rifqy, were very interesting.
(buku-buku
dari temanku, Muh. Rifqy, itu sangat menarik.)
Penjelasan:
Kadang sebuah
frasa atau klausa memisahkan sebuah subjek dari kata kerjanya (verb).
Struktur-struktur yang memisahkan itu tidak mempengaruhi aturan dasar.
Contohnya, di (h) frasa preposisi “in the library of UIN Alauddin” tidak
mengubah ketentuan awal bahwa kata kerja “is” harus sesuai
dengan subjek “book.” Di (l) dan (m) subject dan verb nya
dipisahkan oleh sebuah ajective clause “that I got from my friend, Muh.
Rifqy,.” Contoh lain:
Ø
Imamsyah Al-Hadi, along with his friends, is
playing football.
Ø
Mismar, accompanied by Muh. Ikhsan Nur and Mila,
is going to a party tonight.
Ø
Iswahyudi, together with Lisa, is taking English
Education Department.
o) Playing
football is my hobby.
(hobiku
adalah bermain sepak bola.)
Penjelasan:
Sebuah gerund
(playing) yang menjadi subjek dalam sebuah kalimat memerlukan sebuah kata kerja
tunggal.
p) Anybody who has lost his ticket
should report to the desk.
(siapapun
yang kehilangan dompetnya diharap bagian kas.)
Penjelasan:
Any + singular
noun harus diikuti oleh kata keja tunggal.
2. Subject-verb
agreement: menggunakan ungkapan jumlah (kuantitas)
a) Some of the book is good.
b) Some of the books are good.
c) A lot of the equipment is new.
d) A lot of my friends are here.
e) Two-thirds of the money is mine.
f) Two-thirds of the pennies are mine.
g) One of my friends is here.
h) Each of my friends is here.
i) Every one of my
friends is here.
Penjelasan:
PENGECUALIAN: one
of, each of, dan every one of membutuhkan
kata kerja tunggal.
One of
Each
of
+ kata benda jamak = kata kerja tunggal.
Every one
of
j) None
of the boys is here.
k)
None of the boys are here.
l) None
of counterfeit has been found.
m)
No example is relevant to this case.
n) No
examples are relevant to this case.
Penjelasan:
Subject dengan “none
of” dianggap tunggal untuk Bahasa Inggris yang sangat formal, tapi
sering digunakan berbentuk plural untuk penulisan pidato yang tidak formal.
Semantara none of + Uncountable noun (tunggal) = tunggal.
o) The
number of students in my class is thirty-three.
p) A
number of students were late for class.
Penjelasan:
Di (l) “the
number” merupakan subjek.
Di (m) “A
number of” merupakan sebuah ungkapan kuantitas yang bermakna “banyak.” “A
number of” diikuti oleh kata benda jamak dan kata kerja jamak.
q) If either
of you takes a vacation now, we will not be able to
finish the work.
r) Neither
of my friends is ready for marriage.
s) Either Muh.
Aslam or Muh. Jusran is going to the
beach today.
t) Neither Muh.
Aslam nor Muh. Jusran is going to the
beach today.
u) Either Muh.
Aslam or his friends are going to
the beach today.
v) Neither Muh.
Aslam nor his friends are going
to the beach today.
Penjelasan:
Bentuk “either” dan “neither” adalah
tunggal jika mereka tidak digunakan bersama “or” dan “nor” seperti
pada contoh (q) dan (r). ketika “either” dan “neither”
diikuti oleh “or” dan “nor,” kata kerjanya
bisa berbentuk tunggal juga jamak, tergantung kata benda yang mengikuti
(setelah) “or” dan “nor” apakah tunggal atau
jamak.
3. Subject-verb
agreement: menggunakan there + to be
a) There are thirty-three students in
my class.
b) There is a student in
the class.
c) There are seven continents.
d) There is a book on
the shelf.
e) There are some books on
the shelf.
f) There is some books on
the shelf.
Penjelasan:
Ingat bahwa
subjek dari kalimat yang didahului “there” adalah setelah kata
kerja. Pada contoh (a) subjeknya adalah thirty-three students (BUKAN
THERE).
4. Subject-verb
agreement: yang tak beraturan
a) The
United States is big.
b) The
Philippines consists of more than 7,000 islands.
Penjelasan:
Kadang sebuah
proper noun (The United States, The Philippines) yang berakhir –s adalah
tunggal. Pada contoh di atas, jika subjeknya (The United States atau The
Philippines) diubah ke sebuah pronoun (kata ganti), pronoun tunggal “it” yang
digunakan (bukan pronoun jamak “they”) karena bendanya (The
United States atau The Philippines) berbentuk tunggal.
c) The news is interesting
Penjelasan:
News berbentuk
tunggal.
d) Mathematics is easy
for her.
Penjelasan:
Mata pelajaran
yang berakhir –ics berbentuk tunggal, contoh lain adalah physics.
e) Diabetes is an
illness.
Penjelasan:
Beberapa
penyakit tertentu yang berakhir –s adalah tunggal: diabetes,
measles, mumps, rabies, rickets, shingles.
f) Eight hours of
sleep is enough.
g) Ten dollars is too
much to pay
h) Five
thousand miles is too far to travel.
Penjelasan:
Ungkapan
waktu, uang, dan jarak biasanya membutuhkan kata kerja tunggal (singular verb).
i) Two
and two is four.
Penjelasan:
Ungkapan ilmu
hitung membutuhkan kata kerja tunggal.
j) The police have been
called.
k) Cattle are domestic
animals.
Penjelasan:
Kata “police”
dan “cattle” tidak berakhiran –s, tetapi adalah kata benda yang jamak dan
membutuhkan kata kerja jamak pula.
l) English is spoken
in many countries.
m) The
English drink tea.
n) Chinese is not
easy to learn.
o) The
Chinese have an interesting history.
Penjelasan:
Di (l) English :
bahasa. Di (m) The English : orang-orang Inggris. Beberapa
kata benda nasional (nama Negara) yang berakhiran –sh, -ese,
dan –ch bisa berarti bahas ataupun penduduknya. Contoh: English,
Spanish, Chinese, Japanes, Vietnamese, Portuguese, French.
p) The
poor have many problems.
q) The
rich get richer.
Penjelasan:
Beberapa kata
sifat (adjective) bias didahului oleh kata “the” dan digunakan
sebagai bentuk kata benda jamak (tanpa –s) untuk menyatakan
orang-orang yang mempunyai sifat itu. Contoh lain: the young, the
elderly, the living, the dead, the blind, the deaf, the disabled.
r) The pants are in
the drawer.
s) A
pair of pants is in the drawer.
t) The scissors are dull.
u) The pair
of scissors is dull.
v) The family was elated
by the news.
w) The
committee has met, and it rejected the proposal.
x) The flock
of birds is circling overhead.
y) The herd
of cattle is breaking away.
Pejelasan:
Juga banyak
kata benda --yang mengindikasikan banyak orang atau hewan-- adalah tunggal.
Pada beberapa kasus kata-kata benda di atas bisa berbentuk jamak jika
mengindikasikan individu-individu dari kelompok tersebut.
Sumber:
1. Understanding
and Using English grammar (the third edition) by Betty Schrampfer Azar
2. Cliffs
TOEFL Preparation Guide by Michael A. Pyle, M. A. and Mary Ellen Munoz
Page, M. A.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar